Tentang Linguistiknesia

Saya adalah mahasiswa Sastra Inggris yang saat ini masih duduk di bangku semester 8 dan (sayangnya) belum lulus. Jangan tanya soal skripsi saya, karena saya mencoba menyelesaikannya sambil bekerja suka-suka.

Linguistik sendiri merupakan ilmu yang terbilang cukup asing di Indonesia. Ilmu ini masih kurang tenar dibanding ilmu lain, dan sangat kalah pamor dibandingkan ilmu-ilmu eksakta. Bahkan tidak sedikit mahasiswa yang lulus dari jurusan bahasa dan sastra masih merasa kebingungan untuk mencari lapangan kerja sesuai bidang yang kami tekuni. Kebanyakan dari kami sih berakhir menjadi staf di bagian public relation atau malah menjadi seorang customer service. Walaupun ada profesi keren semacam forensic linguist di luar sana.

‘Linguistiknesia’ merupakan gabungan dari dua kata, yaitu: linguistik dan Indonesia. Blog ini sendiri ditujukan untuk sarana berbagi sekaligus memperkenalkan ilmu linguistik kepada mereka yang mungkin memiliki ketertarikan pada ilmu ini. Oh, dan tentunya dalam bahasa Indonesia.

Linguistik bukan hanya soal bahasa, tapi juga berhubungan dengan kehidupan manusianya itu sendiri. Bahkan bisa dibilang hampir setiap hal yang kita lakukan bisa dihubungkan dengan ilmu linguistik. Sehingga, ilmu linguistik tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Karena itulah tagline blog ini adalah: “Linguistics in Indonesian’s Every Day Life“.

Saya memiliki harapan blog ini akan selalu hidup. Partisipasi dari pengunjung akan selalu diterima. Kita bisa saling bertukar pikiran dan bahkan menyumbangkan contoh-contoh kejadian di kehidupan kita yang berhubungan dengan ilmu linguistik.

Malang, 21 Mei 2016

 

Eka Yuni

di ekayunif.wordpress.com